A. Sejarah MYOB
MYOB dimulai pada tahun 1991 di Australia dan merupakan
salah satu perusahaan yang sukses mengenali kebutuhan yang unik dari perusahaan
kecilmenengah sampai perusahaan menengah-besar akan sistem manajemen bisnis
(business management systems) yang powerful , mudah dan terjangkau.
Sukses ini kemudian berkembang ke seluruh dunia. MYOB pada
tahun itu juga memenangkan 1991 MacWorld Award untuk kategori Best Accounting
Software dan kategori Best Newcomer Software.
Tahun 1996, MYOB Inc., terus berkembang dan bergerak dibawah
paying MYOB Limited. MYOB kemudian mengembangkan 6 cabang untuk meng-cover
pemasaran MYOB di seluruh dunia, yaitu MYOB US, Inc., MYOB Canada Inc., MYOB
Australia Pty Ltd., MYOB New Zealand, MYOB UK Ltd. dan MYOB Asia, yang saat ini
terus berkembang dengan munculnya versi khusus negara lainnya, versi Malaysia
adalah yang pertama di Asia, sebelum munculnya versi Singapura, Hongkong dan
Asia – International , dan sekarang telah lebih banyak lagi versi negara yang
tersedia.
B. Pengertian MYOB
Menurut Feroza Ranti, MYOB adalah software akuntansi yang
berfungsi membantu bagian keuangan dalam menyusun laporan keuangan, lengkap
dengan pengendalian inventory, penjualan, pembelian aset perusahaan, ahkan
tersedia lebih dari 150 jenis laporan keuangan yang tersimpan secara otomatis
da ntersaji secara detail.
Sedangkan secara umum, pengertian MYOB adalah sebuah
software akuntansi yang diperuntukkan bagi usaha kecil dan menngah (UKM) yang
dibuat secara terpadu (inteegrated software).
C. Kelebihan Dan Kekurangan MYOB
- Kelebihan MYOB dibandingkan dengan software akuntansi lain:
- User friendly (mudah digunakan), bahkan oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan mendasar tentang akuntansi.
- Tingkat keamanan yang cukup valid untuk setiap user.
- Kemampuan eksplorasi semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses ekspor/impor file yang merepotkan.
- Kemampuan trash back semua laporan ke sumber dokumen dan sumber transaksi.
- Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan.
- Menampilkan laporan keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk grafik.
- Untuk penjualan item, harga peritem hanya bisa di bawah 1M, fungsi pelaporan tidak sebaik DacEasy.
- Dibutuhkan kejelian tinggi untuk memposting akun agar tidak tertukar dengan akun lainnya
- Format Neraca masih menggunakan standar Australia. Neraca yang ditampilkan adalah Aset – Kewajiban = Net Asset (Modal)
- Belum mendukung multi gudang.
D. Cara Mengoperasikan Aplikasi MYOB
LANGKAH MENGGUNAKAN APLIKASI KOMPUTER AKUNTANSI MYOB VERSI
18
1. Membuat Data
Perusahaan
2. Klik tombol
start pada Taskbar
3. Klik All
program, pilih MYOB Accouting Plus V18 > MYOB Accounting Plus V18 .Selanjutnya
akan tampil jendela Welcome to MYOB Accounting,. berikut penjelasan singkat
dari fungsi tombol yg terdapat dalam MYOB:
- Open your company file, digunakan untuk membuka file yang pernah disimpan (myo)
- Create a new company file, digunakan untuk membuat data perusahaan baru
- Explore the sample company, digunakan untuk membuka file contoh yang telahdisediakan oleh MYOB
- What’s New in this version, digunakan untuk melihat fitur-fitur baru yang terdapat padaMYOB versi ini
- Exit MYOB Accounting digunakan untuk mengakhiri program MYOB.
4. Klik Create a New company file, maka akan tampil jendela
informasi a New Companyfile Assistant,
5. Klik Next,
untuk melanjutkan ke tahap pengisian data perusahaan, Isi data perusahaan
6. Setelah selesai,
Klik Next. Berikutnya anda akan mengisi periode akuntansi yang akandigunakan
perusahaan.
Ket :
· Current
Financial Year : Isi tahun buku pembukuan
· Last Month
of Financial Year : Akhir Periode pembukuan
· Conversion
Month : Awal Periode Pembukuan
· Number of
Accounting Periode : Jumlah Periode
7. Klik Next untuk menampilkan informasi periode akutansi
sesuai dengan pengaturan yangtelah dilakukan. Baca kembali informasi yang
ditampilkan, jiak terdapat kesalahan klik tombol Back untuk memperbaikinya,
jika tidak langsung klik Next
8. Pada kotak pilihan Build Your Account List, anda tentukan
cara pembuatan daftar akun yang akan digunakan. MYOB menyediakan 3 pilhan
pembukuan daftar akun yaitu :
- I Would like to start with one of the list provided by MYOB Accounting, artinya Andaakan menggunakan daftar akun yang telah disediakan oleh MYOB
- I Would like to import to list of account provided by my accountant after I’m donecreating my company file. Artinya anda akan mengimpor daftar akun dari file lain.
- Would like to build my own accounts list once I begin using MYOB, artinya anda akanmembuat sendiri daftar akun secara langsung.Pada Kasus kali ini Klik pilihan Kedua. Lalu klik Next
9. Berikutnya
akan tampil jendela informasi lokasi penyimpanan file. Standarnya MYOB akan
menyimpan file didalam drive C:\myob18ED\(nama perusahaan). Jika ingin mengubah
lokasi penyimpanan file klik tombol Change, jika tidak langsung klik Next.
10. Selanjutnya MYOB akan memproses data perusahaan yag telah
kita masukkan.
11. Setelah proses selesai akan tampil informasi
Congratulations! Artinya bahwa pembuatanfile perusahaan sukses.
12. untuk masuk ke
menu utama MYOB klik Commad Center, Menu utama MYOB Accounting Plus V18
ditampilkan.
Import Daftar Akun
Setelah daftar akun disiapkan, selanjutnya anda akan
mengimpor daftar akun tersebut kedalamMYOB. Berikut langkah-langkahnya
1. Aktifkan program MYOB Accounting Plus V18, lalu buka
kembali file anda. (sesuai dengan nama perusahaan yg telah anda buat).
2.Dari menu utama MYOBAccounting Klik File > Import Data > Accounts > Account Information.
3.Kotak dialog Import Fileditampilkan.
4.Pada kotak dialog Open, pilih file daftar_akun yang telah
disimpan dalam format Text (Tabdelimited) dilokasi penyimpanan yang anda
tentukansebelumnya, lalu klik Open
5.Pindahkan semua fields yang terdapat didalam kolom Import
Fields ke dalam kolomMatching Import Field. Caranya klik nama fields terlebih
dahulu, lalu klik kolomMatching Import Field, lakukan satu persatu untuk semua
fileds.
6.Hasilnya nama fields akan tampil didalam kolom Matching
Import Field seperti gambar.
7.Klik tombol Import Proses import file dilakukan
8.Setelah selesai akan tampil informasi seperti gambar. Pada
baris records skipped harusterisi angka 0 Jika tidak, berarti akun yang gagal
di import dan harus diperbaiki.Lakukan perbaikan setelah selesai import
kembali. Klik OK.
1. Mempersiapkan
Data Awal:
2. Linked Akun
Setelah daftar akun diimpor ke dalam MYOB berikutnya anda
akan membuat link akun yang menghubungkan akun satu dengan akun lainnya. Link
akun berfungsi untuk mengotomatisasisistem kerja MYOB.
Accounts & banking linked accounts
Berikut ini anda akan membuat link untuk perkiraan buku
besar dan kas/bank
(Accounts & Banking Linked Accounts)
- 1.Dari menu utama MYOB, klik menu Setup > Linked Accounts > Accounts & Banking Accounts
- Kotak dialong Accounts & Banking Linked Accounts ditampilkan
- Keterangan :
- Equity Accounts for Current Earnings = Perkiraan modul untuk laba periode berjalan
- Aquity Accounts for Retained Earnings = Perkiraan modul untuk laba ditahan
- Equity Acconts for Historical Balancing = Perkiraan modul untuk selisih pembukuan
- Bank Account for Electronic Payments = Akun bank untuk pembayaran elektronik
- Bank Account for Unndeposite Funds = Akun untuk menampung penerimaan sementara
5. Pada kotak dialog Edit Account pilih tab Profile ketik : Selisih Pembukuan di dalamkolom Account Name, lalu klik OK
6. Berikutnya klik tombol panah kotak Electonic Claring Account
7. Tampil kotak dialong select from list, pilih akun Bank Delta, lalu klik Use Account
8. Ketika MYOB menampilkan konfirmasi yang menanyakan apakah anda akan mengubah akun untuk pembayaran elektronik, klik Yes.
Linked Sales accounts
Selanjutnya anda akan membuat link untuk akun yang
berhubungan dengan penjualan. Berikutlangkah-langkahnya :
1.Pastikan menu utama MYOB Accounting anda masih aktif. Klik
menu
Setup > Linked
Accounts > Sales Accounts
2. Sales Linked
Accounts ditampilkan
Keterangan :
- Ø Asset Account for Trancking Receivables = Perkiraan aktiva untuk menampung piutang
- Ø Bank Account for Customer Receipts = Perkiraan bank untuk penerimaan piutang
- Ø I Charge freight on sales = Perkiraan untk menampung biaya penjualan
- Ø I track deposits collected from customers = Perkiraan penerimaan uang muka pelanggan
- Ø I give discounts for early payment = Perkiraan untuk menampung potongan penjualan
- Ø I assess charges for late payment = Perkiraa untuk denda keterlambatan pembayaran
3.Klik tombol drop down pada kotak Asset Account for
Tracking Receivables,Pilih akunPiutang Usaha lalu klik Use Account
4.Pada kotak Bank Account for Customer Receipts, ganti
menjadi akun Bank Delta
5.Lalu klik pilihan I change freight paid on sales, ganti
dengan akun Freight Out/Freight Collected ( Jika ada)
6. Setelah itu
klik kotak pilihan I track deposits collected from customers lalu klik tombol
drop down pada kotak Liability Account for customer deposits (Jika ada).
7. Kemudian pada
pilihan I give discount for early payment ganti dengan akun Sales Discount dan
pada pilihan I asses charges for late payment ganti dengan akun Late Fees
Collected.
Purchases Linked Account
Berikutnya anda akan membuatlink untuk akun yang berhubungan
dengan pembelian.Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1.Dari menu utama MYOB Accounting, klik Setup > Linked
Accounts > Purchases Accounts
2.Kotak dialog Purchases Linked Accounts ditampilkan dan
Klik tombol drop down Liability Account for Tracking Payables, pilih akun
HutangUsaha lalu klik tombol Use Account
Keterangan :
- Liability Account for Tracking Payables = Perkiraan kewajiban untuk hutang
- Bank Account for Paying Bills = Perkiraan untuk pembayaran hutang
- I can receive items without a Supplier bill = perkiraan untuk pembayaran tanpa tagihan
- I pay freight on purchases = Perkiraan untuk biaya angkut pembelian (ganti dengan akun Freigh Paid jika ada)
- I track deposits paid to suppliers = Perkiraan untuk uang muka pembelian (ganti dengan akun Cash In Bank jika ada)
- I take discounts for early payment = Perkiraan untuk potongan pembelian (ganti dengan akun Cost Of Goods Sold/Purchase Discounts)
- I pay charges for late payment = Perkiraan untuk denda keterlambatan pembayaran (ganti dengan akun Late Fees Paid, jika tersedia)
Menghapus Akun:
1. Buka tampilan
akun list.
2. Pilih akun
yang akan di hapus. Lalu klik menu Edit lalu pilih Delete Account.
3. Ulangi langlah
tersebut untuk menghapus akun yang selanjutnya ingin di hapus.
Akun yang tidak boleh dihapus:
1.
Electronic Clearing Account
2. Payroll Cheque
Account
3. Payroll
Liabilities
4. Retained
Earnings
5. Current Earnings
6. Historical
Balancing Account
Akun-akun diatas tidak boleh dihapus karena sudah ter-link
akun, tapi untuk merapikan daftar akun, akun-akun tersebut boleh dig anti nomer
akunnya. Caranya:
1. Klik tanda
panah dipinggir kiri akun tersebut.
2. Lalu ganti
nomer akunnya sesuai keinginan.
Membuat Akun baru:
1. Buka Tampilan
akun list.
2. Klik New. Lalu
masukan nama dan nomor akun yang akan dibuat.
3. Klik OK.
Membuat daftar Supplier:
1 Pada Command
Centres, klik Card File lalu pilih Card List.
2 Pilih pilihan
Supplier lalu klik New di bagian bawah.
3 Lalu isikan
data pemasok seperti nama pemasok atau nama perusahaan, alamat, kota, nomor
telepon, nomor fax, email dan sebagainya.
4 Setelah
selesai diisi, klik Buying Details. Pada kotak dialog Paymen is Due isikan
jenis transaksi pembayarannya, kemudian pada kotak Discount Days dan Balance
Due Days isikan jangka waktu perolehan diskon pada faktur, dan pada kotak
Discount for Early Payment isikan besarnya potongan yang akan diperoleh.
5 Klik Ok.
Ulangi cara diatas untuk mengisikan dara supplier yang lain.
6 Jangan lupa
tambahkan Cash Supplier pada daftar pemasok untuk transaksi pembelian tunai.
Membuat daftar Customer:
1. Pada Command
Centres, klik Card File lalu pilih Card List.
2. Pilih pilihan
Customer lalu klik New di bagian bawah.
3. Lalu isikan
data pelanggan seperti nama pelanggan atau nama perusahaan, alamat, kota, nomor
telepon, nomor fax, email dan sebagainya.
4. Setelah selesai diisi, klik Selling
Details. Pada kotak dialog Paymen is Due isikan jenis transaksi pembayarannya,
kemudian pada kotak Discount Days dan Balance Due Days isikan jangka waktu
perolehan diskon pada faktur, dan pada kotak Discount for Early Payment isikan
besarnya potongan yang akan diperoleh.
5. Klik Ok.
Ulangi cara diatas untuk mengisikan dara supplier yang lain.
6. Jangan lupa
tambahkan Cash Customer pada daftar pemasok untuk transaksi pembelian tunai.
Membuat kartu persediaan:
1. Pada Command
Centres, pilih menu Inventory lalu klik Item List.
2. Muncul
tampilan Item List, klik New lalu isikan nama dan nomor barang.
3. Beri tanda
chek list pada kotak dialog:
I Buy This Item: Hubungkan dengan akun Cost Of Goods Sold
I Sell This Item: Hubungkan dengan akun Sales
I Inventory This Item: Hubungkan dengan akun Merchandise
Inventory
4. Lalu klik
Buying Details. Pada kotak dialog Standar Cost isikan harga beli awal satuan
barang tersebut, dan pada kotak Buying Unit of Measure isikan satuan barang
tersebut.
5. Pada kotak
dialog Tax Code When Bought, isikan jenis pajak yang dipakai saat pembelian
barang.
6. Lalu klik
Selling Details. Pada kotak Selling Unit of Measure isikan satuan barangnya dan
pada Tax Code When Sold isikan juga pajak yang dipakai saat penjualan barang.
7. Klik Ok dan
ulangi cara diatas untuk mengisikan data barang persediaan yang lain.
Mengisi Saldo Akun:
1. Pada Command
Centres, pilih menu Setup lalu pilih pilihan Balances lalu klik Account Opening
Balances.
2. Isikan saldo
akun satu per satu sesuai letak saldo normalnya. Jika ada saldo akun yang
berlawanan dari letak saldo normalnya, maka tambahkan tanda min (-) didepan
angkanya.
Contoh:
Akun Allowance for Doubtfull Debt (Cadangan Kerugian
Piutang) tergolong dalam akun asset yang saldo normalnya di debit, sedangkan
akun Allowance for Doubtful Debt saldonya di kredit, jadi contoh penulisannya
seperti ini: -500.000. Begitu pula untuk kelompok utang, modal, beban, maupun
pendapat jika ada.
3. Pada kolom
paling bawah, kotak dialog Ammount left to be allocated harus bersaldo Rp 0,00
yang menunjukan bahwa saldo debit dan kredit sudah seimbang.
Mengisikan Saldo Awal Kartu Utang, Piutang dan Persediaan:
Mengisikan saldo awal Kartu Utang:
1. Klik menu
Setup lalu pilih pilihan Balances dan klik pilihan Supplier Balances.
2. Klik Add
Purchase.
3. Isikan nama
pemasok pada kotak dialog Supplier Name, isikan tanggal transaksi pada kotak
dialog Date dan isikan saldo awalnya pada kotak dialog Total Including Tax.
Kotak Tax Code akan terisi secara otomatis dan besarnya pajak juga akan terisi
secara otomatis.
4. Klik Record
dan ulangi cara diatas untuk mengisi saldo awal pemasok yang lain.
Mengisikan Saldo awal Kartu Piutang:
1. Klik menu
Setup lalu pilih pilihan Balances dan klik pilihan Customer Balances.
2. Klik Add
Sales.
3. Isikan nama
pelanggan pada kotak dialog Customer Name, isikan tanggal transaksi pada kotak
dialog Date dan isikan saldo awalnya pada kotak dialog Total Including Tax.
Kotak Tax Code akan terisi secara otomatis dan besarnya pajak juga akan terisi
secara otomatis.
4. Klik Record
dan ulangi cara diatas untuk mengisi saldo awal pelanggan yang lain.
Mengisi Saldo Awal Kartu Persediaan:
1. Pilih Menu
Inventory lalu klik Count Inventory.
2. Isikan jumlah
awal persediaan barang dagangan. Klik Adjust Inventory.
3. Akan muncul
kotak dialog Adjustment Information. Pada kotak dialog Default Adjustment
Account isi dengan akun Merchandise Inventory.
4. Klik Continue
lalu klik Opening Balances.
5. Akan muncul
tampilan seperti jurnal umum.
6. Isikan tanggal
pencatatannya dan memo dengan dekripsi
singkat mengenai pencatatan. Contoh: Saldo awal Persediaan Barang.
7. Isikan nomor barang pada kolom Item, dan
isikan harga awal per unitnya pada kolom Unit Cost. Pada kolom Account isi
dengan akun Merchandise Inventory.
8. Jika semua
barang sudah terisi, klik Record.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar